Roller coin

Jaringan LAN , MAN , dan WAN

1. LAN (Local Area Network )

 atau jaringan lokal merupakan jaringan yang cakupannya relatif sempit, terbatas pada sebuah ruangan atau sebuah gedung dan sebuah kompleks.
LAN ( Local Area Network ) merupakan suatu kumpulan komputer , diamana terdapat beberapa unit komputer ( client ) dan 1 unit komputer untuk bank data (server). Antara masing -masing client maupun antara client dan server dapat saling bertukar file maupun saling menggunakan printer yang terhubung pada unit-unit komputer yang terhubung pada jaringan LAN .

Keuntungan jaringan LAN :
Hasil gambar untuk LANa). Pertukanaran file dapat dilakukan dengan mudah (file sharing).
b). Pemakaian printer dapat dilakukan oleh semua client (file sharing )
c). File data yang keluar / masuk dari/ke server dapat di kontrol
d). Proses backup data menjadi lebih mudah dan cepat
e). Resiko kehilangan data oleh virus komputer menjadi sangat kecil
f). Komunikasi antar karyawan dapat dilakaukan dengan menggunakan E-mail dan chat.


2. MAN ( Metropolitan Area Network)

 merupakan jaringan yang menghubungkan dua atau lebih LAN tetapi jangkauannya tidak melebihi wilayah kota atau metropolitan terdekat.
Metropolitan Area Network (MAN) / jaringan area metropolitan , merupakan jaringan komputer yang meliputi area yang lebih besar dari LAN, misalnya antar wilayah dalam satu propinsi. Dalam hal ini jaringan menghubungkan beberapa jauh jaringan - jaringan kecil ke dalam lingkungan area yang lebih besar , sebagai contoh : jaringan departemen dimana beberapa kantor departemen tingkat kabupaten/kota dihubungkan atar satu dengan yang lain.
Hasil gambar untuk MAN JARINGAN

3.WAN (Wide Area Network )

 merupakan jaringan komunkasi data mencakup wilayah geografi yang luas.
Wan (Wide Area Network) merupakan kumpulan dari LAN dan / atau Workgroup yang dihubungkan dengan menggunakan alat komunikasi modem dan jaringan internet , dari /ke kantor pusat dan kantor cabang , maupun antar kantor cabang. Dengan sistem jaringan ini, pertukaran data antar  kantor dapat dilakaukan dengan cepat serta dengan biaya yang relatif murah. Sistem jaringan ini dapat menggunakan jaringan internet yang sudah ada, untuk menghubungkan antara kantor pusat dan kantor cabang atau dengan PC standalone/notebook yang berada di lain kota ataupun negara.

Keuntungan jaringan WAN :
Hasil gambar untuk wan JARINGANa). Server kantor ousat dapat berfungsi sebagai bank dari kantor cabang.
b). Komunikasi antar kantor dapat menggunakan e-mail dana chat 
c). Dokumen /file yang biasanya dikirimkan melalui faks ataupun paket pos, dapat dikirim melalui e-mail dan transfer file dari /ke kantor pusat dan kantor cabang dengan biaya yang relatif murah dan dalam jangka waktu yang sangat cepat.
d).Pooling data dan updating data antar kantor dapat dilakukan setiap hari pada waktu yang ditentukan.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Jaringan LAN , MAN , dan WAN"

Post a Comment