Roller coin

Belajar Jaringan Dasar #3

Hallo semuanya , nah dibagian ini kita akan melanjutkan pembahasan mengenai beberapa pengertian komponen yang ada di jaringan dasar . di Belajar jaringan dasar #3 , yuk kita simak ...



IP Private : Alamat Ip yang digunakan untuk internal (intranet). Ip private tidak bisa di akses di jaringan internet. Rentang Ip yang digunakan untuk jaringan internal ini sendiri adalah : 10.0.0.0 - 10.255.255.255, 172.16.0.0 - 172.31.255.255, dan 192.168.0.0 - 192.168.255.255.

IP Publik : Alamat IP yang bisa di akses secara publik atau global (internet). Supaya nama domain , Email dan web anda dapat di akses oleh pengunjung lain di internet , digunakan IP pulik .

Linux : Adalah nama sistem operasi komputer, seperti Windows, Mac atau UNIX. Karena sifatnya yang opensource, Linux memiliki ratusan paket distribusi (distro, seperti Redhat, SuSe, Debian, Fedora, CentOS, Trustix, dll). Linux banyak digunakan sebagai sistem operasi untuk server karena efisiensi dan kehandalannya.

MySQL : Adalah sistem manajemen database relational (RDBMS, relational database management) yang open source yang menggunakan Structured Query Language (SQL, yang merupakan bahasa populer untuk menambahkan, mengkases dan memproses data dalam database). Karena sifatnya yang open source, semua orang boleh mendownload dan menyesuaikan dengan keinginannya dengan rambu-rambu yang ditentukan dalam lisensi. MySQL dikenal karena kecepatan, kemampuan dan fleksibiltasnya sehingga banyak digunakan sebagai sistem database pada aplikasi web.

Nameserver : Sebuah server yang menyimpan dan melayani sistem penamaan domain dengan protokol DNS, menerjemahkan nama domain ke alamat IP yang terkait dan sebaliknya. Setiap nama domain harus memiliki minimal 2 (dua) nameserver, 1 sebagai nameserver utama dan yang kedua sebagai cadangan jika ada masalah pada nameserver pertama, sehingga domain itu selalu bisa
ditemukan.

NetEarthOne : Nama salah satu Registar domain

Open source : Adalah filosofi dalam distribusi software dimana kode sumber programnya ikut disertakan sehingga bisa dibaca dan dimodifikasi. Karena bisa dimodifikasi, software yang dirilis secara open source bisa disesuaikan dengan kebutuhan penggunanya.

Page View : (Statistik) Jumlah tampilan halaman yang diberikan oleh webserver. Saat kami pertama saya pengunjung masuk ke situs sobat , maka dalam statistik dihitung 1 halaman (pageview) , dan jika pengunjung itu membuka halaman lain , maka akan di hitung lagi dan begitu seterus nya .

Perl Perl : (Practical Extraction and Report Language) adalah bahasa pemrograman dinamis yang ditulis oleh Larry Wall, 1987. Perl meminjam banyak fitur dari bahasa pemrograman lain yang sudah ada. Perl juga banyak digunakan sebagai bahasa untuk aplikasi web.

PHP : Adalah bahasa pemrograman. Perintah-perintahnya atau kodenya disimpan bersama HTML dalam sebuah halaman internet. Perintah/kode itu dijalankan oleh web server sehingga bisa dibaca oleh browser apapun. Web browser kemudian hanya melihat HTML yang dihasilkan dari kode program PHP itu dan menampilkannya.

PHPMyAdmin : Aplikasi web populer yang digunakan sebagai antar muka untuk mengadministrasi (mengelola) database MySQL. Ditulis dengan bahasa PHP. Dalam phpMyAdmin, anda bisa membuat struktur database (tabel); memasukkan, mengedit dan menghapus data, mengimpor struktur dan data dari file lain, dan mengekspor database ke format lain (backup).

POP (Post Office Protocol) : Adalah metode untuk mengambil email dari server. Sebagian besar program email (disebut juga klien email) menggunakan protokol POP, walaupun ada juga yang mendukung penggunaan teknologi IMAP (Internet Message Access Protocol) yang lebih baru. Ada dua versi POP, pertama POP2, yang menjadi standar pada pertengahan 1980-an dan membutuhkan SMTP untuk mengirim emailnya; dan POP3, yang bisa digunakan dengan atau tanpa
SMTP. Versi POP email yang terbaru dan paling banyak digunakan adalah POP3.

Registrar : Atau dalam hal ini dianggap sebagai Domain Registrar adalah organisasi atau perusahaan yang berwenang memberikan sebuah nama domain kepada yang mendaftarkannya menurut TLD (top level domain) tertentu (.com/.net/.org) atau domain negara (.id/.my/.sg, dsb).

Reseller Hosting : Paket dalam web hosting, yang bisa memiliki sub-account (paket) lagi di bawahnya. Paket reseller biasanya memiliki kapasitas ruang yang besar sehingga kemudian bisa dipecah menjadi paket yang lebih kecil dan dijual kembali.

Shared Hosting : Opsi hosting diamana beberapa  situs klien ditempatkan bersama - sama dengan berbagai sumber daya (resource) server yang sama.

Web hosting : Sebuah bisnis atau jasa layanan penyediaan tempat penyimpanan file secara online, konektivitas jaringan dan layanan lain yang dibutuhkan untuk menyajikan file ke internet. Perusahaan yang menyediakan layanan webhosting disebut webhost; dan detil layanannya seperti kapasitas, data transfer dan konektivitas disebut paket hosting (hosting plan).

WHM: (Web Host Manager). Antar muka grafis berbasis web (aplikasi web) untukmengelola situs dan account pada sebuah server. WHM merupakan alat bantu bagi reseller untuk mengelola account kliennya.

Mirror : Dalam istilah manajemen paket, mirror adalah alternatif lokasi repositori paket dari repositori paket utama yang sudah tersedia. Dengan adanya mirror yang posisi jaringannya terdapat dekat dengan pengguna maka permasalahan minimnya alokasi bandwidth yang tersedia diharapkan dapat tertangani dengan baik.

Nah itu lah beberapa pengertian yang bisa saya paparkan sedikit , mungkin sobat ada yang kurang paham atau tidak mengerti silahkan bertanya di kolom komentar (baca aturan coment nya) 
sekian dari saya terimakasih ... sampai jumpa

Bagi yang belum baca Blog sebelumnya silahkan lihat di sini Belajar jaringan dasar #2



Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Belajar Jaringan Dasar #3 "

Post a Comment