Roller coin

Pengertian Bahasa Pemograman

Berjumpa lagi bersama saya Handri , diantara sobat sekalian apakah ada yang ingin menjadi Programer ? atau seorang Developer? atau bahkan seorang Web Designer ? , dibalik itu semua pasti nya seorang Programer , Developer , dan seorang Web Designer pasti nya harus bisa menguasai bahasa pemograman . Nah apa sih itu ? langsung disimak yuk guys ....


   
         Pengertian bahasa pemograman ( Programming Language) adalah sebuah intruksi standar untuk memerintah komputer agar mempunyai fungsi tertentu . Bahsa pemograman ini merupakan suatu himpunan dari aturan sintaks dan semantik yang dipakai untuk mendefinisikan program komputer . Bahasa ini memungkinkan seorang programmer dapat menentukan secara persis data mana yang akan diolah oleh komputer , bagaimana data ini akan disimpan/diteruskan , dan jenis langkah apa secara persis yang akan diambil dalam berbagai situs .


       
        Menurut tingkat kedekatannya dengan mesin komputer , bahasa pemograman terdiri dari :


  1.  Bahasa Mesin, yaitu memberikan perintah kepada komputer dengan memakai kode bahasa biner , contohnya 0110010110.
  2. Bahasa Tingkat Rendah , atau dieknal istilah bahsa rakitan (bahsa inggris Assembly), yaitu memberiakan perintah kepada komputer dengan memakai kode - kode singkat (kode mnemonic) , contohnya ,MOV, SUB, CMP, JMP, dsb.
  3. Bahasa Tingkat Menengah , yaitu bahsa komputer yang memakai campuran instruksi dalam kata - kata bahasa manusia ( lihat contoh Bahasa Tingkat tingggi di bawah ) dan instruksi yang bersifat simbolik , contohnya {,},?,<<.>>,&,&. dsb.
  4. Bahasa Tingkat Tinggi , yaitu bahasa komputer yang memakai instruksi berasal dari unsur kata - kata bahasa manusia , contohnya begin, end, if, for, while, dsb.


           Sebagian besar bahasa pemograman digolongkan sebagai bahasa tingkat tinggi , hanya bahsa C  yang digolongkan sebagai bahasa tingkat menengah dan Assembly yang merupakan bahasa tingkat rendah .
          Nah itu lah sedikit penjelasan mengenai Bahasa pemograman . Jangan lupa Share and coment yah sobat ^-^ .... kita bertemu di pemograman web lain waktu , Sampai jumpa


Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Pengertian Bahasa Pemograman "

Post a Comment