Roller coin

Jaringan dasar


Hallo Sobat kembali lagi bersama saya Handri , sebelum nya saya ucapkan terimakasih karena sudah mengunjungi blog saya . Nah pembahasan kita kali ini adalah tentang Jaringan dasar , apa sih itu jaringan dasar ? nah langsung aja yuk kita simak cekidot ...^-^
Pengertian Jaringan dasar Komputer 


                   
               Secara umum pengertian jaringan komputer dapat diartikan sekumpulan komputer atau           perangkat yang berkomunikasi dengan komputer lainnya menggunakan jaringan secara bersamaan . Tujuan utama nya memungkinkan komunikasi data antar pengguna jaringan komputer/ sumber daya  ( File dan Printer). 
               Berbagi data yang dimaksud ini adalah berupa file , pengguna perangkat keras komputer secara bersamaan seperti modem , printer,ataupun data dalam hardisk.
macam - macam jaringan komputer , Local Area Network (LAN), Metropolitan Area Network (MAN) , dan Wide Area Network (WAN) Dll.

LAN (Local Area Network)
LAN adalah jaringan komputer yang jaringannya hanya mencakup wilayah kecil, seperti jaringan komputer dalam rumah, sekolah, kampus, dan sebagainya. Local Area Network atau LAN tidak memerlukan jaringan telekomunikasi yang disewa dari operator telekomunikasi dan tidak juga menggunakan media fasilitas komunikasi umum seperti telepon, tetapi pemilik LAN itu sendirilah yang mengelola media komunikasinya.

Untuk LAN umumnya berbasis teknologi IEEE 802.3 Ethernet menggunakan perangkat switch. Lalu ada juga teknologi 802.11b (Wi-fi) yang sering digunakan untuk membentuk LAN. Tempat-tempat yang menyediakan koneksi LAN dengan teknologi Wi-fi disebut Hotspot.

MAN (Metropolitan Area Network)
Merupakan suatu jaringan komunikasi dalam suatu kota dengan transfer data berkecepatan tinggi yang menghubungkan berbagai macam lokasi seperti, perkantoran, kampus, pemerintahan, dan sebagainya. MAN meliputi area seluas antara 5 dan 50 kilometer.

Sebuah MAN biasanya tidak dimiliki oleh suatu organisasi melainkan dimiliki oleh salah satu penyedia layanan jaringan yang menjual pelayanan kepada pengguna. Ketimbang LAN, MAN berukuran lebih besar dan jangkauannya juga lebih luas, namun untuk teknologi yang digunakannya yaitu sama dengan LAN.

WAN (Wide Area Network)

WAN adalah suatu jaringan komputer yang mencakup area yang besar dan luas, yaitu antar wilayah, kota, dan bahkan negara. Internet  merupakan contoh dari jaringan WAN.

    Nah sampai sini dulu pembahsan kita sobat , terimaksih karena sudah membaca coretan blog saya ^-^ , jangan lupa like dan share nya yah sobat , kunjungi terus blog saya . Sampai jumpa...


Baca juga : Belajar Jaringan dasar #2
                   Belajar Jaringan Dasar #3









Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Jaringan dasar "

Post a Comment